Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik

Selamat datang di R9GEM, apakah di antara kalian ada yang sedang mencari laptop gaming? Bagus. Karena kali ini saya akan memberikan tips dan trik.Bagaimana cara memilih laptop gaming.


banyak orang yang menggunakan laptop untuk bermain game. Berbagai jenis laptop gaming sering kita jumpai di beberapa toko komputer.
Biasanya laptop gaming mempunyai harga yang relatif mahal dengan spesifikasi yang bisa dibilang memang cocok untuk bermain game. Melalui artikel berikut, saya akan berbagi tips bagaimana cara memilih laptop gaming dengan benar.
Banyak orang yang mengklaim bahwa untuk urusan gaming, lebih baik menggunakan PC daripada laptop. Saya rasa asumsi tersebut tidaklah salah, mengingat PC sendiri mempunyai banyak kelebihan dalam urusan gaming ketimbang laptop, Salah satu kelebihan yang dimiliki PC adalah kemudahannya dalam hal upgrade perangkat keras komputer.

Baca Juga : Laptop Gaming Murah 3-7 Jutaan Terbaik 2017

Tidak kalah dengan PC, laptop juga mempunyai nilai plus tersendiri dalam urusan gaming. Salah satunya adalah simple, efisien, dan mudah dibawa kemana-mana. Jadi anda bisa bermain game dimanapun, entah itu di sekolah, kampus, ataupun kafe. Saya sendiri biasanya bermain game bareng-bareng bersama teman sekolah saya pada waktu jam istirahat.

Mempunyai laptop gaming tidak harus dengan harga mahal. Jika anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli laptop gaming, tidak menutup kemungkinan anda bisa mendapatkan laptop gaming dengan harga yang murah. Baiklah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

Langsung saja, yang pertama kali kalian harus tau adalah lihat Prosesor nya terlibih daluhu, walau pun saat. menjalankannya yang paling berpengaruh RAM dan VGA, tetapi jika Prosesor yang digunakan kurang greget maka tidak akan enak saat dimainkan. Game yang dijalankan tidak akan dapat di mainkan dengan maksimal.Sama seperti anda misalnya memiliki badan sixpack dan otot kuat,tetapi jika anda sedang sakit anda tidak akan dapat menggunakan seluruh kekuatan anda dengan maksimal sama seperti halnya laptop. Banyak orang yang lebih memprioritaskan VGA daripada Processor ketika hendak membeli laptop gaming. Mereka cenderung memilih VGA yang sangat bagus performanya tetapi tidak di imbangi dengan processor yang bagus pula.
Hal tersebut tidaklah salah, tapi perlu diperhatikan bahwa peran processor tidak bisa dianggap sebelah mata lagi, dikarenakan semakin banyak game yang melakukan berbagai perhitungan kompleks pada processor.
Selain itu, Banyaknya inti/ core yang dimiliki oleh processor dapat memperingan proses rendering yang dilakukan oleh VGA. Saya sarankan memilih laptop dengan processor non ULV, karena processor seri ULV kurang bagus untuk gaming. 


https://r9gem.blogspot.co.id/2017/07/cara-memilih-laptop-gaming-dengan-harga.html
Kesalahan yang sering dilakukan orang ketika hendak membeli laptop gaming yaitu lebih memperhatikan besar memory pada VGA atau VRAM daripada seri chipset pada VGA tersebut. Padahal yang yang perlu diperhatikan adalah seri chipsetnya, bukan besar memorynya. Berbeda dalam hal desain grafis, VRAM sangatlah penting tetapi dalam gaming tidak terlalu dibutuhkan.
Agar lebih mudah memilih VGA yang pas buat gaming, perhatikan seri chipsetnya. Misalkan NVIDIA GeForce GT 720M, cara membacanya sebagai berikut :
  • Digit pertama menunjukkan generasinya, artinya VGA tersebut generasi ketujuh
  • Digit kedua dan ketiga menunjukkan tingkatan kelas atau performanya, semakin tinggi angkanya semakin bagus performa suatu VGA.
  • Yang paling utama yaitu digit kedua dan ketiga, misalkan Nvidia GeForce GT 720M performanya dibawah Nvidia GeForce GT 635M tetapi GT 635M teknologinya lebih canggih karena generasinya lebih baru. Seri chipset VGA yang saya jadikan contoh di atas merupakan seri chipset VGA versi mobile, bukan versi dekstop. Saat saat memilih vga adalah saat saat yang sangat sulit lebih sulit daripada kita naik pohon tapi tidak bisa turun.Kenapa saya katakan sulit karena jika anda tidak mengetahui tipe dari VGA itu sendiri maka anda akan menyesal saat anda telah membeli laptop tersebut. Contoh VGA (GeForce) dan VGA (AMD) memiliki ratusan tipe jadi jika anda tidak mengetahui tipe tipe dari VGA tersebut maka anda harus mengetahuinya terlebih dahulu. game yang anda jalankan bisa bisa grafik nya jelek padahal Prosesor dan RAM yang di gunakan sudah bagus, tapi jika VGA yang digunakan tipe LOW END kebawah maka grafik nya akan jelek. Karena VGA adalah otak untuk menampilkan tampilan di game.
Jika laptop yang anda pilih telah memiliki prosesor dan VGA yang pas,lalu yang harus anda ketahui, berapa kapasitas RAM laptop tersebut karena RAM ini sangat penting saat menjalankan game atau aplikasi semakin besar kapasitas RAM semakin cepat pula kita saat menjalankan game tersebut,dan pilih laptop yang dapat di upgrade komponennya,Meskipun tidak semua komponen pada laptop dapat di upgrade. Usahakan memilih laptop yang mendukung upgrade komponen seperti RAM dan hard disk.
Dengan mengupgrade komponen, dapat meningkatkan kinerja pada laptop. Komponen yang terutama di upgrade adalah RAM dan yang kedua adalah hard disk.

Baca Juga : Urutan VGA dari High-end sampai Low-end


Terima kasih telah membaca artikel saya baca juga artikel lainnya yang berhubungan dengan dunia game. 

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik "

  1. VGA emang berpengaruh buat main game?

    ReplyDelete
  2. Sangat berpengaruh, karena VGA berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Jadi lebih bagus VGA yang digunakan maka akan lebih bagus juga grafik yang di tampilkan

    ReplyDelete