Kali ini saya akan
menjelaskan tentang fungsi tiap objeck yang ada di 3d rad. 3d rad menurut saya
adalah software unuk membuat game termudah, bukan hanya karena tidak memakai
koding 3d rad pun telah menyediakan seluruh koponen yang kita butuhkan jadi
kita hanya tinggal drag and drop objek tersebut jika sudah game tersebut bisa
langsung di jalankan dan anda pasti sangat senang dapat membuat game. Walaupun
game tersebut sederhana, tetapi jika anda dapat mengembangkan nya bukan tidak
mungkin anda dapat membuat game setara GTA V,saya tidak beebohong karena memang
benar jika anda dapat membuat 3d objeknya di sketch up dengan objek yang sangat
bagus anda dapat mengeksport objek 3d tersebut ke 3d rad.Berikut ini adalah keseluruhan objek siap pakai yang
ada pada 3D RAD beserta fungsinya :
1. Airfoil
Digunakan untuk memberi gaya aerodinamis pada objek lain yang memiliki
relasi dengan Airfoil. Objek Airfoil dapat diinteraksikan dengan RigidBody dan
Wind.
2. AnimationControl
Berfungsi untuk mengontrol animasi pada model 3D dan
objek Skinmesh. Animasi yang dapat dikontrol oleh objek ini adalah animation
sequences yang
terdapat pada model 3D berformat DirectX (.X).
3. Ball
Ball adalah objek bola siap pakai yang bersifat solid
yang dapat mendeteksi tumbukan (collision) antar objek yang juga bersifat
solid. Objek ball juga sudah memiliki beberapa property seperti massa (mass),
radius dan pantulan (bounciness)
4. Buoy
Buoy berfungsi sebagai simulasi pelampung yang
diterapkan pada berbagai objek yang memiliki massa sehingga objek tersebut
dapat mengapung di permukaan air, maupun melayang di air.
5. Cam1StPerson
Berfungsi sebagai kamera yang berorientasi pada sudut
pandang user sebagai pemain (orang pertama). Kamera ini
sekaligus berfungsi sebagai karakter utama.
6. CamChase
Selain sebagai kamera biasa, CamChase memiliki
property Chase pada objek lain yang akan dijadikan target kamera.
CamChase juga memiliki efek kamera seperti buram (blur) dan efek shaking.
7. Car
Car merupakan objek utama yang umum digunakan pada 3D
rad. Car merupakan objek mobil yang sudah siap digunakan.
8. CarAI
CarAI (Car Artificial Intelegence) adalah fitur
kecerdasan buatan yang dapat lagsung diinteraksikan dengan Car. CarAI membuat
mobil bisa bergerak secara auto (sendiri) sesuai dengan property AI yang
digunakan.
9. Character
Berfungsi sebagai kontrol dari sebuah karakter.
Character dapat diinteraksikan dengan RigidBody yang bentuknya dapat bergerak
bebas (seperti bola).
10. ConfigureControls
Jika objek ini ditambahkan dalam game, maka user dapat
menentukan sendiri input yang akan digunakan dalam game. Contoh : Walaupun
secara default game dimainkan dengan keyboard, tidak menutup
kemungkinan user dapat menggunakan joystick sebagai input device.
Counter adalah objek yang digunakan sebagai pengganti
fungsi increment/decrement suatu parameter. Counter biasa diterapkan untuk
mengubah value parameter seperti score, lives, player health dan
sebagainya.
12. EventOnContact
EventOnContact akan menjalankan perintah yang telah
dibuat sebelumnya jika mendeteksi tumbukan/kontak fisik/ collision antar objek
solid.
13. EventOnInput
EventOnInput akan menjalankan perintah yang telah
dibuat sebelumnya jika mendeteksi adanya input dari user.
14. EventOnLocation
EventOnLocation akan menjalankan perintah yang telah
dibuat sebelumnya jika objek yang memiliki relasi dengan EventOnLocation berada
pada lokasi yang telah ditentukan.
15. EventOnObjectId
Walaupun memiliki
bentuk yang sama, setiap objek memiliki Id tersendiri. User bisa memberi
perintah yang berbeda pada ObjectId yang berbeda.
16. EventOnProximity
EventOnValue menjalankan perintah yang telah dibuat
sebelumnya jika telah mencapai kondisi jarak antar objek.
17. EventOnValue
EventOnValue menjalankan perintah yang telah dibuat
sebelumnya jika telah mencapai kondisi value tertentu.
18. EventTimer
EventTimer akan memulai/menghentikan property active
dari sebuah objek setelah waktu yang ditentukan telah habis.
19. ExitFade
ExitFade adalah objek yang berfungsi untuk mengakhiri
project yang aktif dan memulai project selanjutnya dengan efek fade.
20. Fog
Digunakan untuk menambahkan efek kabut(fog)
pada game.
21. Force
Force digunakan untuk menambahkan gaya pada objek 3D
yang berbentuk fisik seperti RigidBody.
22. ForceFeedback
ForceFeedback adalah
objek yang berfungsi untuk mensimulasikan gaya sebab-akibat. Contohnya dalam
kasus bola yang memantul.
23. G-Force
G-Force diterapkan untuk memberikan simulasi gaya
gravitasi. Seluruh objek fisik yang memiliki relasi terhadap G-Force akan jatuh
sesuai dengan arah gravitasi.
24. Group
Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek
menjadi satu grup. Penggunaan group tidak akan berpengaruh pada relasi antar
objek. Group hanya memudahkan user dalam mengatur letak dan posisi objek dalam
jumlah banyak sekaligus.
25. GUIWindow
GUIWindow dapat memberikan tampilan GUI pada game
untuk mengatur parameter-parameter yang diijinkan untuk diubah.
26. HighwayConstructionKit
Digunakan untuk mendesain konstruksi jalan raya di
dalam game. Objek ini merupakan objek fisik statis yang dapat mendeteksi collision dengan
objek Car.
27. Imposter
Imposter digunakan untuk melakukan kloning /
penggandaan objek pada saat game di-run oleh user atau dalam
kondisi tertentu. Penggandaan objek dapat dilakukan secara acak (random)
ataupun dengan pola.
28. Joint
Joint adalah objek non fisik yang berfungsi untuk
menggabungkan antara objek fisik yang satu dengan objek fisik yang lain.
29. Particles
Particles digunakan untuk menambah efek yang berbentuk partikel seperti ledakan, hujan, salju, asap, debu dan
lain-lain.
30. Path
Path adalah objek 3D non fisik yang digunakan untuk
membuat suatu jalur (path) yang dapat diikuti / ditelusuri oleh objek
yang terkait.
Baca Juga : 5 Software Membuat Game Termudah Tanpa Coding
Baca Juga : 5 Software Membuat Game Termudah Tanpa Coding
31. PathFinder
PathFinder digunakan untuk membuat suatu objek dapat
menemukan target yang ditentukan. Objek dapat mencari target melalui jalur
tercepat walaupun diberikan halangan atau rintangan.
32. PCar
PCar adalah objek yang hampir sama dengan Car namun
memiliki fitur dan parameter yang lebih lengkap.
33. PointLight
Berfungsi sebagai sumber cahaya pada game. Peletakkan
PointLight akan berpengaruh pada bayangan (shadows) setiap objek yang
memiliki parameter shadows.
34. Projectile
Projectile berfungsi untuk memberikan gaya seperti
peluru pada objek. Objek dapat terlempar bahkan melesat sesuai dengan nilai
kelajuan yang diberikan.
35. RaceTracker
RaceTracker adalah objek fisik yang digunakan untuk
membuat lintasan balapan. RaceTracker sudah dilengkapi beberapa property yang direlasikan
dengan CarAI supaya CarAI dapat mendeteksi lintasan balap.
36. RigidBody
RigidBody adalah objek fisik yang dibentuk dari model
3D berformat DirectX (.X). RigidBody dapat mendeteksi adanya collision antar
objek fisik. RigidBody juga dapat memiliki massa dan dapat direlasikan dengan
gravitasi (G-Force / Force).
37. Rock
Rock adalah objek siap pakai berupa bentuk
batu-batuan.
38. Scanner
Scanner adalah objek
non fisik yang digunakan untuk mendeteksi objek fisik yang berada dalam garis
lurus scanner. Cara kerja scanner mirip seperti cara kerja sinar laser di dunia
nyata.
39. Script
Script adalah objek yang memungkinkan user menuliskan
kode (melakukan coding) dengan bahasa pemrograman C++ yang telah
memiliki fungsi-fungsi 3DRad. Bahasa ini juga sering disebut AngelScript.
40. Skinmesh
Skinmesh adalah objek fisik yang tidak memiliki massa
dan tidak dapat mendeteksi collision antar objek.Skinmesh
biasanya digunakan untuk membuat kulit dari RigidBody.
41. SkyBox
Digunakan untuk memberikan objek langit (cakarawala)
pada game.
42. SoundEffect
SoundEffect adalah objek yang digunakan untuk
menambahkan efek suara.
43. SoundSource
SoundSource adalah objek yang diggunakan untuk
menambahkan sumber suara pada suatu objek fisik. Suara yang dihasilkan akan
sesuai dengan keberadaan objek. Jika objek ada di jarak yang jauh, volume
sumber suaranya akan mengecil, begitu pula sebaliknya.
44. Spring
Spring adalah objek yang memiliki visualisasi
bentuk shockbreaker (peredam kejut) dan memiliki sifat yang
mirip pegas. Objek ini dapat diaplikasikan pada Car maupun PCar untuk menambah
kesan realistis secara visual.
45. Sprite
Sprite adalah objek dengan 2 dimensi. Pada umumnya
sprite diimplementasikan dalam bentuk menu, tombol, karakter dan background.
46. SunLight
SunLight adalah objek non fisik yang dapat memberikan
pencahayaan pada objek fisik lain. Objek ini disimulasikan seperti cahaya
matahari.
47. Switch
Switch adalah fungsi
yang digunakan untuk melakukan pertukaran (switch) pada objek fisik yang
di-handle olehnya.
48. Terrain
Terrain adalah objek fisik siap pakai yang digunakan
untuk mensimulasikan kontur permukaan tanah (terrain).
49. TextPrint
50. Trail
Secara fungsi, Trail
hampir mirip dengan Particles. Bedanya, Trail akan meninggalkan jejak partikel
sepanjang jalur yang dilewati.
51. Transform
Transform adalah objek non fisik yang berfungsi untuk
memberikan transformasi pada suatu objek fisik.
52. Tree
Tree adalah objek fisik yang memiliki visualisasi
bentuk pohon. Objek memiliki property collision detection yang
dapat diatur.
53. ValueLabel
ValueLabel digunakan untuk mencetak suatu value
(seperti score, money, health, dsb.) ke layar.
54. ValueLabelBar
ValueLabel digunakan untuk mencetak suatu value
(seperti score, money, health, dsb.) ke layar namun dalam bentuk persegi
panjang (bar).
55. Velocity
Velocity digunakan unruk memberi kelajuan pada suatu
objek fisik. Fungsi objek ini hampir sama dengan Projectile.
56. WayPoint
WayPoint dapat dijadikan objek fisik maupun non fisik.
Fungsinya adalah untuk menandai CheckPoint suatu tempat. Objek
ini biasa dipakai pada game balapan (racing).
57. Wheel
Wheel adalah objek siap pakai yang berfungsi sebagai kulit dari roda pada Car / PCar.
58. Wind
Wind adalah objek non fisik yang siap pakai. Wind
berfungsi untuk mensimulasikan gaya akibat angin. Objek yang dapat dipengaruhi
oleh Wind adalah AirFoil dan RigidBody.
Terimakasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat bagi kita semua
0 Response to "Fungsi Tiap objek di 3D Rad"
Post a Comment